Gambar Rumah Adat Aceh dan Penjelasannya ~ Rumah Adat Ku

Gambar Rumah Adat Aceh dan Penjelasannya

Rumah Adat Aceh - Indonesia memiliki aneka ragam budaya dan adat istiadat yang perlu di lestarikan. Rumah adat merupakan salah satu kekayaan budaya yang perlu di pertahankan. Sebelumnya penulis pernah memberikan beberapa penjelasan tentang rumah adat seperti rumah adat bali, jawa barat, dan jawa timur. Maka dalam tulisan kali ini, penulis akan memberikan penjelasan tentang rumah adat aceh.

 Rumah adat aceh atau disebut rumah krong bade merupakan kekayaan budaya negeri tercinta kita, Indonesia. Namun pada zaman sekarang ini, rumah-rumah adat sudah jarang ditemukan lagi karena masyarakat lebih memilih untuk membangun rumah-rumah modern sehingga rumah adat terancam punah. Maka dari itu perlu untuk kita mempertahankan hal tersebut dengan cara mengenal ciri-ciri dari rumah-rumah adat di Indonesia.

rumah adat aceh

Ciri Khas Rumah Adat Aceh (Rumah Krong Bade)

Meskipun kita jumpai bahwa rumah adat masyarakat aceh tidak selalu memiliki bentuk yang sama, namun terdapat beberapa ciri khas rumah adat tersebut. Rumah krong bade biasanya berbentuk panggung setinggi 2-3 meter dari permukaan tanah dan memiliki tangga pada bagian depannya yang biasanya berjumlah ganjil. Selain itu pada bagian dinding rumah terdapat ukiran-ukiran tangan yang sangat indah. Namun perlu diketahui bahwa banyaknya ukiran dinding rumah adat aceh tergantung pada segi ekonomi pemilik rumah.

Penjelasan fungsi ruangan rumah adat aceh

Setiap rumah adat aceh atau rumah krong bade terbagi atas 4 ruangan yaitu ruangan depan, tengah, belakang, dan bawah yang memiliki masing-masing fungsi. Berikut ini penjelasannya :
  • Ruang depan rumah adat aceh berfungsi seperti halnya rumah-rumah pada jaman sekarang yaitu sebagai ruang tamu dan ruang santai penghuni rumah.
  • Ruang tengah atau dalam bahasa acehnya seuramoe teungoh merupakan ruangan utama keluarga yang juga ruangan ini memiliki sebutan rumah inong. Perlu diketahui bahwa selain anggota keluarga inti, tamu dilarang untuk memasuki ruangan ini. Hal ini dikarenakan ruangan tengah biasanya digunakan sebagai ruang tidur kepala keluarga. Uniknya lagi, jika sedang ada acara pernikahan, ruang tengah digunakan sebagai kamar pengantin. Diruangan tengah rumah adat aceh ini juga terdapat kamar di sisi kiri dan kanannya. Biasanya lantai ruangan tengah lebih tinggi dibandingkan ruangan depan.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment