Pakaian Adat Bali dan Keterangannya ~ Rumah Adat Ku

Pakaian Adat Bali dan Keterangannya

Pakaian khas bali
Negara kita Indonesia memang memiliki banyak sekali suku budaya yang beraneka ragam. Keaneka ragaman suku budaya tersebut bisa kita lihat dari apsek bahasa, bidang seni, rumah, sampai pakaian adat. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang rumah adat bali, akan lebih baik apabila kita mengenal juga pakaian suku bali yang unik. Selain itu pakaian daerah ini juga dapat menjadi identitas atau pembeda status seseorang, baik itu status ekonomi maupun status pernikahan.

Pakaian Adat Bali dan Keterangannya


pakaian suku bali
Pakaian bali yang umum terbagi menjadi 3 fungsi, yaitu pakaian untuk acara keagamaan, pakaian acara pernikahan, dan pakaian adat yang digunakan untuk sehari-hari. Tentu kita pun tau bahwa pakaian adat bali pria dan wanita pasti memiliki perbedaan. Misalnya untuk mengetahui apakah seorang perempuan itu sudah menikah atau masih gadis, bisa kita bedakan dari jenis sanggul yang digunakannya saat ke pura. Perempuan yang masih gadis atau belum menikah menggunakan sanggul pusung gonjer, sedangkan yang sudah menikah menggunakan sanggul pusung tagel.

Ada juga pakaian bali paling mewah, yaitu busana agung yang dikenakan dalam acara tertentu saja seperti acara perkawinan atau acara potong gigi. Pakaian mewah ini ada beberapa variasi yang menyesuaikan dengan momen.

Wastra wali atau wastra putih merupakan kain yang digunakan khusus dalam suatu upacara Sebagai simbol kesucian. Selain menggunakan wastra wali, seorang pria bali juga menggunakan dodot atau kampuh kelagan yang dikenakan sampai menutupi dada. Sedangkan bagi wanita, sebelum menggunakan kain wastra terlebih dahulu menggunakan sinjang atau kain lapis yang berfungsi untuk mengatur langkahnya agar terlihat anggun saat berjalan.

Aksesoris

Selain jenis pakaian yang sudah disampaikan diatas, ada juga beberapa tambahan atau aksesoris pakaian adat seperti keris, kamen dan udeng untuk pria, sedangkan untuk wanita kipas dan sanggul lengkap dengan hiasannya serta songket bali digunakan oleh pria dan wanita. Bicara soal harga, tentu memiliki variasi yang berbeda-beda. Kita pun harus mencari tempat belanja yang murah di bali. (Baca: tempat belanja oleh-oleh di bali)

Makna Pakaian Adat Bali

Setiap pakaian adat tentu memiliki makna dari masing-masing daerah atau suku. Tetapi pasti dari setiap suku memiliki makna tersendiri untuk pakaian adatnya. Bagi masyarakat bali tentu pakaian adat memiliki makna mendalam dan nilai-nilai kebudayaan yang terus di pertahankan. Makna yang paling penting yaitu kepatuhan dan penghormatan kepada Sang Hyang Widhi/ Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu pakaian bali juga digunakan untuk simbol dalam membedakan kasta dimana hal ini dibuat sendiri oleh manusia.

Pakaian bali juga memiliki makna penghormatan terhadap tamu yang berkunjung. Tentu kita semua tahu bahwa tempat wisata di bali banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Hal tersebut bisa jadi salah satu alasan mengapa masyarakat bali sangat mempertahankan adat budayanya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment